Partai Demokrat menargetkan kemenangan sebesar 50 persen dari total 270 daerah yang menggelar Pilkada 2020. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pun getol menggelar tur ke daerah yang menggelar Pilkada serentak ini.

AHY mengatakan dari 270 daerah yang menggelar Pilkada serentak, partainya ikut mengusung calon kepala dan wakil kepala daerah di 250 daerah. Sebanyak 145 kader Demokrat diusung sebagai calon dan wakil kepala daerah.

“Kami cukup bangga. Tahun ini sebanyak 145 kader yang ikut Pilkada serentak, ada yang dicalonkan jadi orang nomor satu, ataupun orang nomor dua. Artinya cukup banyak. Kemudian target kemenangan di tahun ini berkisar antara 40 sampai 50 persen,” kata AHY saat berkunjung di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (1/12/2020).

AHY menjelaskan target kemenangan Demokrat berdasar pada hasil survei internalnya. Menurutnya, target tersebut realistis.

“Saat pendaftaran survei memang sulit, banyak daerah yang PSBB dan lainnya. Sekarang lebih terbuka, sehingga kami mendapatkan gambaran lebih utuh. Ada potensi kemenangan di sejumlah daerah,” kata AHY.

Menurut dia, dalam dua bulan terakhir persentase kemenangan partainya mengalami peningkatan. AHY mengklaim kondisi tersebut dikarenakan sejumlah kader partainya yang maju di Pilkada melakukan kampanye yang kreatif.

Pilkada serentak tahun ini memang berbeda dengan sebelumnya, sebab dilaksanakan saat pandemi COVID-19. Dengan kondisi demikian, AHY menekankan dua hal terhadap kader partainya yang maju di Pilkada, yakni menang dan selamat.

“Buat apa menang tapi tidak selamat. Buat apa selamat tapi tidak menghasilkan kesuksesan. Tetap menjaga prokes dan lainnya. Insyallah sukses dan menang,” ujar AHY.

Ia tak menampik Pilbup Indramayu menjadi salah satu prioritasnya untuk bisa menang. “Kalau ketum (partai) datang ke sini artinya prioritas. Bukan karena lewat. Karena memang kita melihat peluang,” ucap AHY.

Dalam kesempatan tersebut, AHY juga memberikan arahan kepada Sholihin-Ratnawati yang diusung sebagai Cabup dan Cawabup Indramayu. Paslon nomor urut dua ini diusung Partai Demokrat, PKB, PKS, Hanura dan PPP.

sumber: detik